Rabu, 21 November 2012

Ciri-ciri Orang Sholeh

Ciri Orang Sholeh :
  1. Menghidupkan malam, bangun tengah malam sementara banyak orang tertidur melaksanakan sholat tahajud.
  2. Percaya iman kepada Alloh dan Raululloh juga hari akhir yaitu hari pembalasan, mengimani ucapan-ucapan atau firman Alloh dalam Al-Qur'an dan ucapan-ucapan atau sunnah Rasululloh Muhammad SAW walaupun diluar logika manusia. Jika muslim tidak beriman kepada Alloh dan Rasululloh Muhammad SAW, maka hawa nafsu akan menjadi Tuhannya terus akan terseret dalam kesesatan, tertutup hatinya pada kebenaran.
  3. Amar ma'ruf nahi mungkar, menyebarkan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Berperan aktif menyebarkan kebaikan dan selalu mengajak manusia dalam mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
  4. Bersegera berbuat kebaikan. Tidak nenunda-nunda dalam berbuat kebaikan beribadah kepada Alloh SWT.
Jika keempat ciri ini ada pada manusia maka mereka itulah tergolong manusia yang sholeh.
Hambatan-hambatan menjadi orang sholeh :
  • Hambatan dari Jiwa
Jiwa selalu tidak menyukai pada hal-hal yang serba putih artinya jiwa selalu jemu/bosan pada hal-hal yang bersifat kebaikan. Misalnya, bosan terus-menerus tadarus Quran, dzikir mengingat Alloh, berinfaq, dll.
  • Hambatan dari Syaitan
Syaitan selalu menggoda/menyesatkan manusia dengan jalan apapun dan dari arah manapun agar manusia tidak dapat melihat kebenaran atau kebaikan. Hal-hal yang baik dijadikan buruk, dan sebaliknya hal-hal yang buruk dijadikan indah di mata manusia.
  • Hambatan dari Lingkungan
Didalam masyarakat masih belum terbiasa berlomba-lomba dalam kebaikan mencari tujuan hidup sesungguhnya yaitu akhirat. Berlaku dimasyarakat adalah seberapa banyak harta yang ada atau punya tujuan hidup sebatas dunia saja.
Wawllohu 'alam bish showab

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top